Beranda | Artikel
Mengenal Allah dengan KemahaindahanNya
Senin, 26 Juni 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Taslim

Mengenal Allah dengan KemahaindahanNya adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Kitab Al-Fawaid. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 26 Dzulqa’dah 1444 H / 15 Juni 2023 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Mengenal Allah dengan KemahaindahanNya

Selanjutnya Imam Ibnul Qayyim Rahimahullahu Ta’ala mengatakan: “Dan termasuk seagung-agungnya cara mengenal Allah adalah dengan sifat Kemahaindahan-Nya.”

Tentu pembahasan ini sangat berhubungan erat dengan tema tentang aqidah dan tauhid. Karena mengenal Allah Subhanahu wa Ta’ala merupakan dasar kita bisa beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan benar, yaitu beribadah dengan cinta, takut, dan berharap kepada Allah semata-mata. Tidak akan bisa kita wujudkan ini kalau kita tidak mengenal Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dalam hadits Shahih riwayat Muslim menyatakan:

إنَّ اللهَ جميلٌ يُحبُّ الجمالَ

“Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Indah dan mencintai keindahan (yang disyariatkan dalam agamaNya).” (HR. Muslim)

Ini merupakan cara mengenal Allah yang dimiliki oleh hamba-hamba Allah yang istimewa. Dan semua mereka mengenal Allah dengan salah satu dari sifat-sifat kesempurnaan-Nya. Dan yang paling sempurna mengenal Allah di antara makhluk adalah yang mengenal Allah dengan sifat kemahasempurnaan-Nya, keagungan-Nya, dan kemahaindahan-Nya.

Maka semakin kita mengenal Allah, semakin kuat rasa cinta, takut, dan harapan kita kepada-Nya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ

“Sesungguhnya yang takut kepada Allah dengan sebenarnya di antara hamba-hambaNya hanyalah orang-orang yang berilmu.” (QS. Fatir[35]: 28)

Imam Ibnu Katsir Rahimahullahu Ta’ala mengatakan yaitu orang yang berilmu yang mengenal Allah. Hal ini dikarenakan semakin sempurna pengenalan seorang hamba terhadap Allah dengan menganal nama-nama dan sifat-sifat-Nya dan ilmu pengetahuannya tentang kemahaagungan Allah semakin kuat, maka otomatis rasa takut dan ketakwaannya kepada Allah semakin kuat dan semakin besar pula.

Inilah pentingnya mengenal Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan selalu merenungkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits-hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang menjelaskan tentang sifat-sifat Allah, kemudian kita memahami sebagaimana yang dipahami oleh para ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53008-mengenal-allah-dengan-kemahaindahannya/